Cara Membuat Teh Dan Manfaat Bunga Telang

Bunga Telang – Tahun 2019 menghadirkan tren teh termasuk teh yang memukau secara visual yang seindah rasanya. Pengalaman minum teh lebih dari sekadar rasa yang istimewa, tetapi juga harus mencakup persiapan yang indah.

Manfaat Bunga Telang adalah tren teh baru yang telah membakar dunia teh. Teh herbal ini menawarkan sifat perubahan warna yang membuat setiap cangkir menjadi suguhan visual. Perubahan tingkat pH teh menghasilkan warna merah menyala atau ungu kaya. Cari tahu lebih lanjut tentang Manfaat Bunga Telang termasuk cara menyeduhnya di sini.

Ingin menyeduh secangkir teh pengubah warna Anda sendiri? Lihat Manfaat Bunga Telang kami yang lezat di sini.

Apa itu Manfaat Bunga Telang?

Manfaat Bunga Telang terbuat dari kelopak bunga berwarna biru tua dari tanaman kacang polong yang dikenal dengan nama botani Clitoria ternatea. Tisane herbal ini juga dikenal sebagai sayap merpati Asia, teh biru, dan kacang polong biru. Teh telah lama diseduh di Asia Tenggara tetapi baru sekarang menemukan jalannya ke pantai Eropa dan Amerika Serikat. Teh ini secara alami bebas kafein dan ramah vegan.

Apa yang membuat teh ini begitu istimewa adalah profil rasanya dan rona cerah yang berubah warna. Ketika kelopak bunga dimasukkan ke dalam air panas, tanaman itu akan memberikan warna biru yang menakjubkan dan kaya. Namun, cairan teh biru berubah warna menjadi merah cerah atau fuchsia ketika bahan lain seperti jus lemon ditambahkan. Ini hampir seperti memiliki cincin suasana hati dalam secangkir teh.

Alasan teh berubah warna adalah karena efek bahan baru pada tingkat pH. Irisan lemon menyebabkan teh menjadi lebih asam, menghasilkan rona keunguan. Menambahkan daun kembang sepatu mengubah campuran menjadi merah cerah hanya dalam beberapa detik. Sifat teh yang berubah warna menjadikannya tambahan yang menakjubkan untuk olesan teh sore atau pesta teh.

Minuman teh yang berubah warna ini memiliki rasa yang bersahaja dan berkayu. Ini memiliki catatan serupa yang ditemukan dalam teh hijau halus dan aroma yang sedikit manis. Teh biasanya dicampur dengan madu, lemon, chamomile, dan serai. Di Thailand, persiapan minuman Thailand – dikenal sebagai Nam Dok Anchan – termasuk memadukan kelopak biru dengan madu, kayu manis, mint, dan markisa.

Kelopak tanaman bunga kacang kupu-kupu telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Asia dan masakan kuliner. Rona biru kelopak yang cerah juga digunakan dalam pembuatan pewarna makanan dan pewarna lainnya.

Manfaat Kesehatan Manfaat Bunga Telang
Sementara teh kacang kupu-kupu telah lama digunakan dalam tincture herbal, pengobatan modern hanya menghabiskan sedikit waktu untuk meneliti manfaat kesehatan dari tanaman ini. Manfaat utama dari minum teh ini adalah menikmati warna-warna cerah dan menyaksikan tehnya curam.

Beberapa penelitian medis telah menunjukkan potensi manfaat bunga kacang kupu-kupu pada jantung, kondisi diabetes, dan stres. Sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science menemukan bahwa kelopak bunga kacang kupu-kupu mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti-diabetes. Para peneliti menemukan bahwa penggunaan kelopak bunga kacang kupu-kupu secara teratur oleh tikus menghasilkan kadar glukosa darah yang lebih rendah (1).

Studi lain menunjukkan bahwa minum teh herbal ini dapat membantu menurunkan tingkat stres. Tindakan sederhana menyeruput secangkir teh dapat memungkinkan seseorang untuk bersantai dan fokus pada hal-hal penting. Ini adalah momen untuk relaksasi dan refleksi, yang dengan sendirinya dapat membantu mengurangi stres. Sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan dalam Farmakologi, Biokimia dan Perilaku meneliti efek Clitoria ternatea pada sistem saraf pusat. Para peneliti menemukan bahwa tanaman bekerja langsung pada bahan kimia dan neurotransmiter untuk menginduksi relaksasi dan mengurangi sinyal stres pada tikus (2).

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa tanaman tersebut mungkin menawarkan efek menguntungkan bagi sistem kekebalan tubuh. Salah satu penelitian yang diterbitkan di Phytomedicine menunjukkan bahwa dosis 200 hingga 400 miligram ekstrak bunga kacang kupu-kupu membantu mengurangi demam pada tikus (3). Teh juga mengandung polifenol, antosianin, dan flavonoid yang dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia (4).

Penting untuk dicatat bahwa semua penelitian yang ada tentang manfaat Manfaat Bunga Telang telah dilakukan dalam tes laboratorium atau pada hewan. Ada beberapa penelitian pada manusia dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menetapkan manfaat potensial ini sebagai fakta.

Efek Samping Manfaat Bunga Telang
Ada beberapa efek samping yang terkait dengan konsumsi Manfaat Bunga Telang. Efek samping utama termasuk sakit perut dan mual serta reaksi alergi.

Seperti kebanyakan teh herbal, Manfaat Bunga Telang dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Konsultasikan dengan praktisi kesehatan yang berkualifikasi sebelum mengonsumsi teh jika Anda memiliki kondisi medis atau sedang mengonsumsi obat apa pun.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tip Canada